HEAD TO HEAD: Prancis vs Afrika Selatan

22 Jun 2010


Dua tim penghuni Grup A ini memiliki poin yang sama dan nasib yang sama pula. Mengantungi satu poin, serta mereka akan bertarung satu sama lain menuju 'keajaiban' [lolos dari penyisihan grup]. Pasalnya, bila di laga Grup A lain yakni Meksiko kontra Uruguay berakhir seri, pupus sudah harapan mereka untuk mencicipi babak 16 besar Piala Dunia 2010.

Prancis dan tuan rumah Afrika Selatan di dua laga pertama tampil meredup. Prancis mislnya. Menyandang status tim beruntung yang lolos ke Piala Dunia dengan gol kontroversi nan serba meragukan, SI Ayam Jantan pun terseok-seok di dua laga grup yang mereka lakoni. Pertama ditahan seri Uruguay tanpa gol, lalu kesangsian berbagai kalangan akan sepak terjang mereka kian nyata kala diempaskan Meksiko 2-0.

Begitu pun sang tuan rumah. Diprediksi bakal berbicara banyak karena mendapat sokongan moral bermain di tanahnya sendiri, Afsel malah melempem. Setelah ditahan imbang Meksiko, petaka selanjutnya hadir bagi anak-anak Bafana kala Uruguay menyudahi perlawanan mereka tiga gol tanpa balas.

Sebelum keduanya beralaga, Selasa (22/6) malam WIB, di stadion Free State, Mangaung, kedua kubu tercatat pernah bersua tiga kali. Dua di level ujicoba, sedang satu lagi di ajang resmi FIFA, Piala Dunia. Dalam catatannya Prancis selalu menang.

Yang termasyhur, Bafana-Bafana mungkin tak akan lupa kala mereka pernah dibuat jatuh mental saat dikalahkan 3-0 oleh Les Blues pada laga perdana grup Piala Dunia 1998 yang tak lain diselenggarakan di tanah Prancis sendiri. Berkat gol-gol yang diceploskan Christophe Dugarry, Thierry Henry dan gol bunuh diri Pierre Issa, pasukan yang dipimpin Philippe Troussier pun mesti merasakan pil pahit yang merambat di dua laga sisa grup kala itu, sebab mereka sudah kadung tersentak oleh tuan rumah Prancis. Akhirnya Afsel harus puas tersisih dari babak penyisihan grup.

Itulah sebabnya, perjumpaan kali keempat antara Prancis dan Afrika Selatan pada Piala Dunia edisi sekarang, sedikit banyak membawa aroma misi balas dendam bagi Afsel. Selain itu, kemenangan mutlak sudah pasti diusung masing-masing tim demi setidaknya mengamankan tiket ke babak gugur seraya berharap keberuntungan berpihak pada mereka.

Berikut catatan pertemuan kedua tim:

(07-10-2000 Ujicoba) Prancis 0-0 Afrika Selatan
(12-06-1998 Piala Dunia) Prancis 3-0 Afrika Selatan
(11-10-1997 Ujicoba) Prancis 0-0 Afrika Selatan
Sumber: goal.com



Related Post:

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e:
:f: :g: :h: :i: :j:

Posting Komentar